
INDOBALINEWS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali melakukan Sosialisasi dan Uji Petik Update Panduan Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana (SKB) untuk Dunia Usaha Pariwisata.
Menurut Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bali I Made Rentin, sosialisasi dilaksanakan selama dua hari pada 9 dan 10 November 2023 di 4 (empat) dunia usaha pariwisata terpilih yaitu Melia Bali, Grand Hyatt Bali, The Apurva Kempinski Bali dan The Westin Resort Nusa Dua di kawasan Nusa Dua – Kabupaten Badung.
“Tujuan dari Sosialisasi dan Uji Petik ini adalah untuk mensosialisasikan perubahan jumlah indikator pada Panduan Sertifikasi, dimana dalam panduan sebelumnya,” ujar I Made Rentin dalam pernyataan resminya yang dikutip Sabtu 11 November 2023.
Lebih lanjut dikatakannya indikator penilaian yang berjumlah 51 berubah menjadi 35 dan juga adanya penambahan isu-isu strategis.
“Seperti Gender Equality, Disability, and Social Inclusion (GEDSI) dan Adaptasi Perubahan Iklim (API),” imbuh Rentin.
Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendapatkan respon dan masukan mengenai perubahan dalam panduan sehingga dapat menjadi acuan dalam penyempurnaan dokumen.
Pihak-pihak dunia usaha terpilih menyambut baik uji petik yang dilakukan oleh BPBD dan memberikan beberapa masukan dan saran yang dapat dijadikan bahan diskusi oleh BPBD dalam Penyempurnaan panduan.
“Sehingga diharapkan panduan ini akan dapat menjadi dasar penilaian sertifikasi kesiapsiagaan bencana yang lebih mutakhir,” tandas Rentin.

Program SIAP SIAGA adalah Kemitraan Australia-Indonesia yang bertujuan untuk menguatkan ketangguhan bencana di Indonesia dan Kawasan Indo-Pasifik
HUBUNGI KAMI
Kami akan senang mendengar dari Anda.
Jangan ragu untuk menghubungi menggunakan detail di bawah ini.
Alamat:
SIAP SIAGA
Treasury Tower 59th Floor, District 8 SCBD Lot 28, Jl. Jend. Sudirman Kav 52 – 53
Jakarta Selatan, 12190, Indonesia
Telepon: +6221 7206616
Email: siap.siaga@thepalladiumgroup.com












