Peluncuran Laporan Regional “Karena Resiliensi itu Lokal” di GPDRR 2022 

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams, bersama dengan Sekretaris Utama (Sestama) BNPB Lilik Kurniawan membuka acara presentasi dan diskusi mengenai “Karena Resiliensi itu Lokal” di Rumah Resiliensi Indonesia sebagai bagian dari Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ketujuh tahun 2022 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada 23-28 Mei yang lalu. 

“Acara hari ini adalah puncak dari pembelajaran yang dilakukan pemerintah Australia dan Indonesia bersama-sama selama satu tahun,” kata Penny Williams. Ia juga menyatakan bahwa kajian dampak COVID-19 terhadap manajemen risiko bencana di kawasan Indo-Pasifik ini merupakan wujud nyata dari kekuatan program Kemitraan Australia-Indonesia untuk Manajemen Risiko Bencana (SIAP SIAGA). 

Sestama BNPB Lilik Kurniawan mengatakan, “Temuan kunci dari laporan ini – Resiliensi itu Lokal – selaras dengan temuan dan perspektif lembaga dan pemerintah saya.” Ia menjelaskan bahwa pekerjaan untuk meningkatkan dan memperbaiki kapasitas kapasitas pengelolaan bencana di tingkat nasional dan sub-nasional sudah dikerjakan selama 20 tahun terakhir. Kendati demikian, mengacu pada penemuan yang dipaparkan di laporan ini, beliau menyatakan, “Masih banyak yang harus kita lakukan.” 

Baik Duta Besar Australia maupun Sestama BNPB mengatakan bahwa mereka berharap hasil diskusi dari Laporan Regional ini akan menjadi suatu awal dari pembelajaran yang lebih menyeluruh, yang dapat juga menjadi kontribusi yang lebih besar pada saat Asia-Pacific Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction 2022 dilaksanakan di Brisbane, Australia di bulan November yang akan datang. 

Selain acara regional ini, SIAP SIAGA juga meramaikan GPDRR 2022 dengan beberapa acara lain, seperti diskusi interaktif “Building Resilience at the Community Level: Stories from the Volcanic Communities” dan talk show Standar Pelayanan Minimal – Sub Urusan Bencana. Sedangkan BPDB NTT juga menampilkan video hasil pembelajaran mereka pasca badai tropis Seroja di Ignite Stage.

Silahkan mengunjungi Twitter Kedutaan Besar Australia untuk info lebih lanjut: https://twitter.com/dubesaustralia/status/1530138124143439873